Cari artikel

Minggu, 07 September 2014

wood decay fungi

Wood decay fungi adalah jamur yang menyebabkan terjadinya pembusukan kayu. Jamur ini meupakan mikro organisme yang akan merusak dan menghancurkan kayu secara fisik. Kayu yang terkena serangan jamur ini akan membusuk dan rusak structural dan akhirnya terurai menjadi tanah. Menurut cara perusakan dan pertumbuhannya, jamur ini dapat digolongkan menjadi 3 macam,  yaitu brown rot, soft rot dan white rot. 

Brown rot

Adalah jamur yang memecah hemiselulosa dan selulosa. Jamur ini menghasilkan hidrogen peroksida (H2O2) yang akan merusakn hemiselulosa dan selulosa. Karena hidrogen peroksida adalah molekul kecil, maka dia dapat menyebar dengan cepat melalui kayu, menyebabkan pembusukan pada seluruh bagian kayu. Pembusukan kayu akibat dari brown rot ini nampak jelas peubahan warna kayu menjadi coklat dan  kemudian diikuti dengan kerusakan kayu berupa penyusutan, peretakan, pelunakan dan pada akhirnya kayu menjadi rapuh dan hancur. Brown rot ini sering juga sebagai jamur pembusuk kayu kering kering karena sering menyerang kayu yang dalam kondisi “kering” (kayu dengan kadar air 20%).

jamur pengurai kayu
 brown rot

Sof rot.

Soft rot fungi lebih banyak tumbuh di lingkungan yang lembab. Mereka adalah jamur yang menyebabkan pembusukan kayu pada tiang pagar, tiang telepon, bingkai jendela dan pintu kayu, dan kayu-kayu di luar ruangan lainnya.

Soft rot fungi  mengeluarkan selulase, suatu enzim yang memecah selulosa dalam kayu.  Proses ini akan membuat terjadinya pembentukan rongga mikroskopis dalam kayu yang akan merusak struktur kayu. Jamur ini membutuhkan nitrogen untuk mensintesis enzim, yang bisa mereka peroleh baik dari kayu atau dari lingkungan. Kerusakan yang terjadi bisa sangat mirip dengan brown rot, kayu bisa berubah menjadi coklat dan selanjutnya kayu  akan lunak dan hancur terurai.
jamur pengurai kayu
soft rot

White rot fungi.

Jamur ini merupakan jamur yang paling banyak ditemukan sebagai salah satu mekanisme alam untuk mendaur ulang kayu. Jamur ini nampak dengan jelas sebagai tumbuhan yang muncul pada permukaan kayu dengan warna putih meskipun sering juga mempunyai warna yang lain. Jamur ini menggunakan enzim selulase konvensional untuk pembusukan kayu untuk memecah lignin dalam kayu. Beberapa jenis dari jamur ini dapat dimakan dan sengaja dibiakkan oleh manusia untuk dimakan. Jamur ini hanya tumbuh pada kayu pada saat kondisi lembab,dan seringkali muncul tumbuh pada kayu-kayu basah yang ada pada hutan, taman, kebun atau pagar di luar ruangan.
white rot
white rot


Cara mengatasi wood decay fungi.

Semua jamur perusak kayu hanya akan tumbuh pada kayu yang relatif basah. Jamur hanya akan menyerang kayu basah. Dry rot fungi yang menyerang kayu yang relatif kering dalam ruangan dan merupakan penyebab dari brown rot hanya akan menyerang kayu dengan kadar air 20% atau lebih, dalam ruangan Jamur dari jenis white rot dan soft rot hanya akan tumbuh pada kayu dengan kadar air diatas 30%. Karena itu maka salah satu cara paling efektif untuk mencegah serangan jamur adalah dengan menjaga supaya kayu tetap kering. 
Beberapa bahan finishing dan bahan anti jamur bisa digunakan untuk mencegah serangan jamur kayu, namun apapun bahan kimia yang digunakan tetap saja tidak akan efektif apabila kayu atau produk kayu dalam kondisi basah.