Cari artikel

Kamis, 04 September 2014

serangga pemakan kayu

Serangga merupakan salah satu  musuh utama kayu. Beberapa jenis serangga merupakan hewan yang memakan kayu untuk kehidupannya. Ada beberapa jenis serangga yang menyerang kayu dengan masing-masing mempunyai siklus hidup dan sifat yang khas dan unik. Beberapa serangga bukan hanya menyerang kayu yang sudah mati dan dipotong, tetapi juga menyerang pohon yang masih hidup. Namun pada pembahasan disini kami hanya membahas serangan serangga pada kayu yang sudah dipotong bukan pada pohon yang masih hidup.


Serangga pemakan kayu yang pada industri woodworking dapat diklasifikasikan dalam 3 kelompok yaitu rayap (termite), bubuk kayu (bug, wood beetle) dan marine borer.  

Rayap

Adalah salah satu hewan penghancur kayu yang utama. Hewan ini memang diciptakan untuk memakan kayu sehingga proses regenerasi dapat berjalan terus. Rayap memakan seluruh bagian kayu dan menguraikanya menjadi tanah. Rayap ini hidup bersama-sama dalam jumlah yang banyak membentuk koloni pada suatu tempat yang sesuai untuk kehidupannya. Koloni ini rayap ini akan tinggal dan membentuk sarang di satu tempat yang banyak mengandung kayu. Koloni rayap ini ada yang berada di luar ruangan dimana ada kayu atau potongan kayu di permukaan tanah. Koloni ini bisa juga di suatu tempat (di dalam ruangan ) dengan sedikit tanah atau tanpa tanah asalkan ada cukup kayu yang bisa digunakan sebagai makanan rayap tersebut. Pada tempat ini maka rayap akan menguraikan kayu menjadi tanah dan kemudian menggunakannya sebagai sarang untuk koloninya.

rayap
siklus hidup rayap
Koloni rayap terdiri dari 3 jenis rayap, ratu rayap, rayap tentara dan rayap pekerja. Ratu rayap adalah pusat kehidupan dari koloni, dia bertugas untuk mengeluarkan telur. Telur rayap ini akan menetas menjadi rayap pekeja dan rayap tentara. Rayap tentara bertugas untuk melindungi koloni, menjaga dan mengatur rayap pekerja dalam koloni supaya dapat menyediakan makanan untuk sang ratu dan seluruh koloni. Rayap pekerja adalah rayap yang bekerja untuk menyediakan makanan bagi kehidupan seluruh koloni. Pada waktu-waktu tertentu ratu rayap akan menetaskan rayap-rayap betina dewasa yang mempunyai sayap yang dikenal sebagai laron. Laron ini akan terbang dan pergi ke berbagai tempat untuk mencari tempat baru. Jika laron ini menemukan suatu tempat yang cocok yaitu tempat yang mengandung kayu dan tanah, maka dia akan menjadi ratu dan membentuk koloni baru.
Rayap ini merupakan salah satu makhluk penghancur kayu yang sangat efisien. Koloni rayap dapat menghancurkan kayu pada suatu tempat sampai seluruh kayu hancur dan terurai. Dan jumlah rayap dalam satu koloni ini bisa sangat banyak tergantung pada sumber makanan yang tersedia. Rayap ini bisa ditemukan di hutan, taman atau kebun dimana terdapat banyak kayu dari sisa-sisa pohon.  Namun rayap bisa juga ditemukan berada di dalam ruangan, dengan membentuk koloni pada produk-produk kayu seperti furniture, pintu atau bahkan juga kayu-kayu yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pada suatu rumah kayu, maka rayap bisa masuk melewati bagian kayu yang menyentuh tanah dan kemudian membentuk sarang di dalam kayu dan menghabiskan seluruh kayu yang ada di rumah tersebut.

Cara mengatasi rayap.
  • Pilihlah kayu yang tahan terhadap rayap.
Meskipun rayap merupakan musuh kayu yang utama, namun ternyata ada beberapa kayu yang tidak disukai oleh hewan ini. Contohnya kayu jati yang sudah cukup umur dan ditebang pada waktu yang tepat merupakan kayu yang tidak disukai rayap. Di dalam  kayu jati yang tua terkandung suatu minyak yang membuatnya jadi awet dan tidak disukai serangga. Kayu-kayu yang lain juga akan awet apabila ditebang pada masa yang tepat. Orang jaman dulu menebang pohon hanya pada bulan-bulan tertentu saja setiap tahunnya dan terbukti kayu atau bahkan bamboo yang dihasilkannya bisa bertahan sangat lama. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling aman dan alami dalam memanfaatkan kayu seandainya dapat dilakukan.
  • Jaga supaya kayu tidak masuk atau bersentuhan dengan tanah.
Ujung kayu yang terhubung dengan tanah akan menjadi jalan masuk bagi rayap. Satu rayap saja menemukan jalan masuk ini maka, segera dia akan membawa koloninya untuk berkembang dan akan segera menghabiskan seluruh kayu yang ada. Gunakan alas dari batu atau semen yang tidak dapat ditembus oleh rayap sebagai dasar pada tiang-tiang, pagar,pintu, kusen atau dinding dari kayu. Dasar dari batu atau semen ini akan mencegah rayap untuk memakankayu dari dalam tanah.
  • Treatment dengan menggunakan obat anti rayap.
Penggunaan obat untuk mencegah serangga merupakan alternative yang paling banyak dilakukan oleh industry woodworking modern. Ada beberapa obat anti serangga yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah serangan seangga ini. Pengobatan yang terbaik adalah dengan melakukan treatment yang dilakukan saat pada saat pengolahan kayu. Suatu sistem yang terintegrasi pada saat penebangan pohon, penggergajian, pengeringan, prosessing dan finishing merupakan salah satu cara yang terbaik untuk menghasilkan kayu dan produk kayu yang kuat dan tahan terhadap serangan serangga termasuk rayap.
Penggunaan obat anti rayap bisa dilakukan juga pada produk atau bangunan rumah yang sudah terpasang dan diserang rayap. Ada banyak obat yang bisa digunakan dan bahkan ada beberapa perusahaan penyedia jasa penanggulangan rayap dalam rumah yang siap melakukan perlindungan terhadap rayap. Proses pengobatan harus dilakukan secara kontinue dengan pengulangan setiap beberapa waktu tertentu (setiap tahun atau setiap 6 bulan sekali) Pengobatan ini membutuhkan biaya yang lebih mahal dan relatif agak sulit dilakukan namun merupakan pilihan terkahir yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan barang-barang atau bangunan yang sudah kita miliki