Cari artikel

Senin, 08 September 2014

Mold, jamur di permukaan kayu

Mold adalah jamur yang hanya tumbuh di permukaan. Jamur ini bisa muncul pada produk-produk dan permukaan perabotan dalam rumah seperti mebel, karpet, sofa, jendela dan bahkan lantai dan kaca. Pada kayu dan produk kayu, mold ini bisa muncul pada semua produk kayu, baik yang dalam kondisi unfinish ataupun finish. Mold bisa nampak sebagai suatu serbuk atau noda tipis pada permukaan, atau bisa muncul lebih nyata sebagai suatu jamur atau tumbuhan jamur yang tumbuh di permukaan. Mold ini juga tidak akan merusak kayu secara struktural dia menimbulkan masalah pada produk kayu karena akan merusak penampilan dari produk. Mold ini dapat dibersihkan dengan cara dihapus dan dilap dari permukaan, namun apabila sudah tumbuh di permukaan dalam waktu yang lama, maka dia akan tumbuh semakin banyak dan menjadi susah dibersihkan.
Mold ini terjadi karena ada spora jamur yang jatuh ke permukaan produk kayu pada saat kondisi lingkungan yang lembab dan cocok dengan kondisi yang dibutuhkan jamur untuk tumbuh. Mold ini bisa juga tumbuh di permukaan lapisan finishing apabila kondisi lingkungan seperti kelembaban udara dan suhu memungkinkan.

jamur di permukaan kayu
 permukaan kayu yang terkena jamur

Cara mengatasi mold.
Mold ini sebenarnya bisa dibersihkan dengan mudah. Mold dapat dibersihkan dengan dilap atau sedikit digosok dari permukaan. Untuk mold yang muncul pada permukaan finishing maka kita bisa menggunakan mineral spirit atau naphta untuk membersihkannya tanpa merusak lapisan finishing. Apabila diperlukan kita bisa melakukan sedikit penggosokan atau rubbing dan kemudian melakukan re coating pada permukaan. Kita bisa juga menggunakan bahan-bahan pembersih finishing atau wax untuk membersihkan mold ini. Sebagian besar dari cat (coating dan paint) untuk kayu sebenarnya sudah dilengkapi dengan bahan anti jamur. Apabila diperlukan kita bisa juga menambahkan bahan anti jamur ke dalam campuran coating untuk menghambat pertumbuhan jamur. Namun demikian hal ini tidak akan bisa menghilangkan resiko terkena serangan mold ini terutama apabila kondisi ruangan lembab atau sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jamur.
Namun seperti juga jamur-jamur yang lainnya, mold ini hanya tumbuh pada saat kondisi lingkungan cocok dengan kebutuhan jamur yaitu pada saat kondisi lembab atau basah. Karena itu usaha yang paling efektif untuk mengatasi masalah mold ini adalah dengan selalu menjaga lingkungan permukaan produk supaya tetap kering. Perawatan dan pembersihan permukaan produk dengan teratur merupakan salah satu cara yang mudah dilakukan untuk mengatasi serangan jamur ini dengan hasil yang sangat baik.