Cari artikel

Selasa, 09 September 2014

Degradasi kayu secara fisik

Setiap barang yang dipakai atau digunakan akan selalu mengalami penurunan kualitas baik secara fungsi maupun penampilan. Produk-produk yang dipakai akan terkena gesekan, benturan, goresan dan berbagai macam physical abuse yang semuanya akan merusak produk. Produk-produk furniture yang digunakan untuk indoor bisa terpapar oleh bahan-bahan kimia seperti alkohol, minyak, teh, kopi, air panas, makanan, yang semuanya juga akan berpotensi untuk mengkibatkan kerusakan terhadap kayu secara kimiawi. Produk-produk kayu yang ada di luar ruangan mempunyai resiko kerusakan yang lebih besar karena menghadapi cuaca luar ruangan seperti: angin, air hujan, salju, perubahan suhu udara dan sinar matahari. Bahkan produk-produk  kayu yang dibiarkan saja tanpa terkena aktivitas fisik pun akan mengalami degradasi  karena terkena serangan bakteri
Degradasi kayu dan produk kayu ini merupakan hal yang alamiah, karena kerusakan ini adalah mekanisme alam untuk melakukan daur ulang terhadap setiap benda yang ada di alam ini. Dengan proses perusakan dan penghancuran, maka akan terjadi regenerasi dan penyegaran di alam ini. Apapun usaha yang kita lakukan tidak akan bisa melawan hukum alam ini, yang bisa kita lakukan adalah hanya untuk memperpanjang usia produk sehingga dapat digunakan lebih lama. Sebaliknya secara keinginan kita untuk dapat memiliki produk yang awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama juga merupakan hal yang sangat manusiawi. Dan untuk itu, maka kita bisa menggunakan pengetahuan dan teknologi untuk melakukan tindakan yang kita lakukan untuk mebuat produk kita dapat lebih awet dan tahan lama.

Berikut ini hal-hal yang bisa kita lakukan untuk memperpanjang usia kayu produk kayu.
  • Pelapisan dengan bahan finishing yang tepat.
Salah satu fungsi dari lapisan finishing adalah memberi perlindungan terhadap kayu di bawahnya. Sebagai lapisan di permukaan, lapisan finishing akan mengurangi kerusakan karena abrasi, benturan dan bahkan dari sinar uv atau bahan kimia yang merusak kayu. Lapisan finishing yang tepat juga melindungi kayu dari tumbuhnya jamur dan membuat kadar air dalam kayu menjadi lebih stabil. Semua faktor tersebut akan membuat kayu dan produk kayu menjadi lebih awet dan tahan lama.
  • Gunakan produk semestinya saja.
Setiap barang tentu saja akan menjadi rusak karena dipakai, namun tentu saja kita bisa memperpanjang usia produk dengan menggunakan produk sewajarnya. Hindari aktivitas fisik yang melampui batas kekuatan produk.Gunakan alat yang kita punyai sesuai dengan kegunaannya.
  • Jaga kadar air kayu .
Salah satu penyebab kerusakan kayu yang utama adalah akibat dari perubahan kadar air kayu. Kayu dengan kadar air yang tinggi akan mudah rusak karena jamur atau busuk. Kadar air yang berubah-ubah akan menyebabkan perubahan dimensi kayu yang akan berakibat pada kerusakan struktural pada produk. Karena itu sedapat mungkin kita harus menjaga supaya kadar ari kayu stabil pada kondisi kering.