Cari artikel

Kamis, 28 Agustus 2014

Tentang kayu

Kayu merupakan salah satu jenis bahan yang banyak digunakan dalam kehidupan manusia. Industri woodworking pengolahan kayu merupakan industri yang sangat besar dan menyangkut banyak orang dan banyak uang. Kayu sejak dulu telah banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai keperluan manusia seperti furniture, rumah, kerajinan, lantai , pagar dan berbagai macam produk yang lain. Kayu merupakan bahan yang unik dan menarik karena kayu memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bahan yang lain.

Berikut ini beberapa kelebihan kayu:
  • kayu merupakan bahan alam yang dapat diperbarui.
Kayu adalah bahan yang berasal dari tumbuhan yang dapat tumbuh dan ditanam kembali. Bahkan sebenarnya pohon akan tumbuh dengan sendirinya asalkan tidak diganggu oleh manusia. Pohon merupakan makhluk hidup yang selalu berusaha untuk mempertahankan kehidupannya dengan cara berkembang biak dan menyesuaikan dengan ingkunannya. Dengan managemen dan pengelolaan yang baik sebenarnya pasokan kayu dapat terus dijaga selamanya. Pohon sebagai sumber kayu juga adalah suatu tumbuhan hidup yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan alam dan sumber oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup di bumi. Karena itu pengelolaan kayu dan pohon merupakan hal yang dibutuhkan bukan saja untuk mendapat manfaat dari produk kayu yang dihasilkannya, tetapi juga untuk menghasilkan keseimbangan yang baik bagi seluruh kehidupan di bumi.
  •  kayu adalah bahan alami yang aman dan sehat bagi lingkungan.
Kayu berasal dari tumbuhan yang tumbuh secara alami. Pengolahan kayu dalam industri woodworking merupakan proses-proses fisik yang relatif sederhana. Proses yang dilakukan hanyalah proses-proses pemotongan, pengeringan, penempelan dan machining yang semuanya melibatkan  proses fisik dan tidak membutuhkan reaksi dan obat kimia yang rumit. Industri woodworking juga relatif aman dan ramah lingkungan, tidak banyak limbah yang dihasilkan. Limbah-limbah kayu baik berupa potongan kayu, bubuk gergajian kayu atau serpihan kayu dapat dimanfaatkan untuk kayu bakar atau didiamkan saja dan dibiarkan terurai tanpa merusak lingkungan.
  • kayu memiliki penampilan yang menarik.
Kayu merupakan bahan yang unik karena dia memiliki serat dan pori yang unik dan menarik. Serat dan pori kayu merupakan salah satu keindahan dari kayu yang tidak ditemukan apda bahan yang lain. Beberapa engineering product dibuat untuk meniru penampilan serat kayu, namun tentu saja tidak akan bisa seindah kayu yang asli.
  • kayu relatif mudah dibentuk dan diolah
Pengolahan kayu di industry woodworking merupakan proses yang relatif sederhana. Pohon ditebang, dibelah dan dikeringkan menjadi papan-papan kering yang kemudian disatukan lagi membentuk produk yang diinginkan. Alat-alat yang digunakan untuk proses dalam industry woodworking sebagian besar adalah alat mekanik yang mudah dipahami dan dipelajari  Tidak ada reaksi kimia atau fisika, tidak membutuhkan tekanan atau suhu tinggi. Tidak ada limbah berbahaya yang dihasilkan. Semua limbah dan sisa produk dapat dimanfaatkan lagi baik untuk membuat engineering product atau untuk kayu bakar. Limbah kayu yang tertinggal tidak akan merusak lingkungan karena akan segera terurai dalam waktu yang singkat.
Namun dibalik kelebihannya tersebut kayu juga memiliki beberapa kelemahan yang harus diantisipasi dan dikelola dengan baik. Kelemahan utama kayu dan produk kayu adalah bahwa kayu erupakan produk yang relatif mudah rusak. Kayu secara alami adalah bahan yang mudah terdegradasi. Ada beberapa faktor yang membuat kayu menajdi rusak yaitu: degradasi fisik karena cuaca dan angin, serangan bakteri, serangga dan jamur. Supaya suatu produk kayu dapat menjadi awet dan tahan lama maka diperlukan pengolahan dan treatment yang tepat. Salah satunya adalah pengeringan kayu dan pengobatan kayu secara kimia. Pada bagian ini kami akan membahas mengenai pengolahan dan pengobatan kayu untuk menghasilkan kayu atau produk kayu yang awet.
Musuh-musuh kayu.
Terjadinya degradasi (penurunan kualitas kayu) sebenarnya merupakan suatu hal yang terjadi secara alami. Untuk bisa melakukan pengawetan kayu dengan hasil yang maksimal, maka kita harus mengenali hal-hal yang menyebabkan degradasi kayu tersebut. Dengan mengenali penyebab kerusakan kayu tersebut, maka kita akan dapat mengatasi dan mengantisipasi kerusakan pada kayu secara benar. Pada artikel berikutnya maka kita akan membahas penyebab degradasi kayu dan cara-cara untuk mengatasinya satu persatu.
Menurut jenis nya penyebab degradasi kayu dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Serangga

  • jamur

  • Physical abused (penderitaan secara fisik)

  • Bakteri

Pada artikel-artikel kami selanjutnya akan membahas mengenai terjadinya degradasi kayu dan cara-cara yang bisa dilakukan oleh industri woodworking untuk mengatasinya.