Cari artikel

Minggu, 31 Agustus 2014

manfaat pengeringan kayu

Mengapa kayu harus dikeringkan?

Kayu harus dikeringkan karena beberapa alasan. Alasan utama adalah bahwa kayu tidak akan pernah bisa stabil sebelum dia kering. Kayu yang basah selalu akan bergerak dan berubah ukuran yang akan menimbulkan banyak masalah pada produk yang dihasilkannya. 

Berikut ini beberapa alasan untuk proses pengeringan kayu:
  • Meningkatkan kekuatan kayu dan kualitas kayu dan produk yang dihasilkan.
Kayu baru akan mencapai kekuatan maksimum apabila dia sudah kering. Secara umum dikatakan bahwa kayu dengan kadar air di bawah 30% memiliki kekuatan yang lebih baik dibanding dengan kayu dengan kadar air diatas 30%. Kayu dengan kadar air yang tinggi akan mengeluarkan air di dalamnya sampai tercapai keseimbangan dengan lingkungannya. Selama itu maka kayu akan mengalami perubahan volume dan bentuk. Karena itu maka proses pembentukan kayu berupa: finishing, machining, pengamplasan, pengeleman seharusnya dilakukan pada kayu yang sudah dalam keadaan kering dan stabil. Pengerjaan pada kayu yang masih basah akan terganggu karena terjadinya perubahan bentuk dan ukuran kayu akibat dari pengeringan kayu. Kandungan air dalam kayu juga akan merusak paku, sekrup, dan juga mengganggu proses pengeleman dan finishing.
  • Kayu kering merupakan insulator yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kayu yang basah.
Produk kayu yang digunakan untuk produk-produk tertentu seperti lantai kayu, dinding atau langit-langit diharapkan bisa menjadi peredam panas. Dan untuk itu, maka diperlukan kayu yang sudah kering.
  • Mengurangi resiko terhadap kerusakan karena jamur dan serangga.
Air yang ada di dalam kayu akan dengan mudah mengundang organisme yang akan menurunkan kualitas kayu. Jamur dan bakteri perusak kayu akan tumbuh pada kayu yang basah. Karena itu salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah tumbuhnya jamur adalah mengeringkan kayu. Pengeringan kayu yang disertai dengan treatment dengan obat anti serangga merupakan cara yang efektif untuk mencegah serangan serangga pada kayu dan produk kayu.

 Seberapa kering kayu harus dikeringkan?
 
Kadar air kayu yang dibutuhkan bisa bervareasi menurut jenis produk, lokasi geografis dan tujuan dari penggunaan produk tersebut. Kadar air kayu seharusnya dikeringkan sampai mencapai kadari air yang berkeseimbangan dengan kelembaban udara (EMC, equilibrium moisture content) dimana produk kayu tersebut akan digunakan. Standard kadar air kayu juga ditentukan oleh tujuan penggunaan dan jenis produk kayu juga.

Berikut ini beberapa hal yang akan mempengaruhi terhadap kebutuhan kekeringan kayu:

  • Kayu untuk produk digunakan di luar tapi tidak terkena curah hujan langsung biasanya akan stabil dengan MC sekitar 12% di negara-negara tropis yang lembab, dan MC 6% di negara-negara Eropa dan Amerika Utara yang kering.
  • Kayu untuk mebel, panel dan semua produk yang digunakan di dalam ruangan atau ruang ber AC diperkirakan stabil pada MC sekitar 8%.
Untuk penggunaan produk-produk kayu di Amerika, maka standard kadar air yang dibutuhkan dapat dilihat pada daftar di bawah ini:

 Produk                                                                                         mc %

Furniture indoor                                                                            5 - 7
Interior kayu                                                                                   6 - 8
Lantai kayu                                                                                     5 - 7
Kendaraan , kecuali roda dan kotak                                                15 - 18
Kendaraan untuk bagian roda dan kotak                                            8
Pegangan untuk senjata                                                                     6 - 8
pesawat                                                                                             8
Alat-alat untuk militer                                                                     12
Alat-alat olahraga untuk outdoor                                                      10
Alat musik                                                                                       5 - 7
Produk-produk outdoor                                                                      12