Cari artikel

Jumat, 29 Agustus 2014

Kadar air kayu dan permasalahannya

Kadar air kayu atau moisture content adalah banyaknya air di dalam kayu, biasanya dinyatakan dalam persen, artinya adalah berat seluruh air dalam kayu dibagi dengan berat seluruh bagian pembentuk kayu selain air. Pada kenyataannya kadar air kayu dapat lebih besar dari 100%.  Kadar air kayu untuk kayu yang masih basah adalah berkisar dari 45% sampai dengan 150%.
Untuk dapat mengerti lebih jelas mengenai pengukuran kadar air kayu, maka kita dapat melihat cara menghitung kadar air kayu di bawah ini.
Persamaan untuk menghitung kadar air kayu adalah sbb:
Kadar air kayu = berat air di dalam kayu dibagi dengan berat kayu. 
Cara menghitung kadar air kayu dilakukan sebagai berikut
  1. Ambil sampel sebuah potongan kayu yang masih basah (kayu yang baru saja dipotong)
  2. Kemudian timbang potongan kayu tersebut dan catat beratnya. (untuk pengukuran dalam lab biasanya juga dilakukan pencatatan terhadap ukuran volume kayu)
  3. Kemudian masukkan potongan kayu tersebut dalam suatu oven selama 24 jam. Suhu oven di atur pada suhu pada sekitar 103 derajad celcius (lebih tinggi dari suhu air mendidih).
  4. Keluarkan kayu dari oven dan ukur beratnya (ulangi langkah no 2)
  5. Ulangi lagi proses tersebut (langkah 2 dan 3) sampai diperoleh hasil pengukuran yang sudah tidak berubah lagi (berat kayu kering ditimbang sudah sama dengan hasil pengukuran sebelumnya).
Ketika diperoleh hasil pengukuran yang sudah tidak berubah lagi, maka artinya hasil pengukuran tersebut sudah sama dengan berat kering kayu. Berat kering kayu ini kemudian digunakan sebagai standard berat kayu kering. Dari standard berat kayu kering ini maka kemudian dpat diukur kadar air kayu. Kadar air kayu (mc kayu) pada saat basah adalah berat kayu basah dikurangi dengan berat kayu kering dan dibagi dengan berat kayu kering.
Cara pengukuran kadar air kayu tersebut merupakan cara pengukuran secara manual yang digunakan pertama kali ketika orang pertama kali menentukan kadar air kayu. Pada saat ini pengukuran kadar air kayu sudah lebih banyak dilakukan dengan suatu alat yang disebut dengan mc meter. Pada saat ini sudah tersedia banyak jenis dan model mc meter yang dapat digunakan untuk mengukur kadar air kayu dengan cepat, mudah dan dengan hasil yang cukup akurat. Alat pengukur mc kayu konvensional yang masih banyak digunakan di lapangan adalah alat yang menggunakan suatu jarum yang harus dimasukkan ke dalam suatu potongan kayu dan kemudian alat akan menunjukkan kadar air dari potongan kayu tersebut. Alat lain yang lebih mudah digunakan adalah mc meter digital yang dapat mengukur kadar air kayu hanya dengan meletakkan di permukaan potongan kayu yang diukurnya. Yang perlu diingat bahwa mc meter digital ini memerlukan suatu setting yang tepat untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat.