Cari artikel

Rabu, 09 Juli 2014

Cat precat (precat coating)

Cat jenis precat atau precatalyzed ini sebenarnya adalah merupakan modifikasi dari cat jenis acid curing (melamin) dengan maksud untuk memudahkan dalam pemakaian dan penanganannya. Cat jenis acid curing adalah bahan yang terdiri dari 2 komponen yaitu bahan cat (coating) dan katalis (harderner) yang harus dicampurkan dengan perbandingan tertentu pada saat digunakan. Pencampuran antara harderner dan bahan cat ini harus dilakukan supaya cat dapat menghasilkan lapisan finishing yagn keras dan kuat. Hal ini membuat penanganan dan aplikasi cat ini menjadi relatif lebih sulit dilakukan.
Karena itu untuk memudahkan pemakaian cat jenis ini, maka industri finishing material mengembangkan cat jenis acid curing yang dibuat dalam 1 pack (dalam bentuk 1 komponen) yang dinamakan sebagai cat jenis precat (precat coating atau precatalyzed acid curing coating). Harderner pada precat coating sudah dicampur pada saat cat itu dibuat, tentu saja dengan beberapa modifikasi sehingga cat ini tetap dalam bentuk cair pada saat tercampur dengan thiner. Pada saat cat ini diaplikasikan maka akan terjadi reaksi kimia besamaan dengan saat pengeringan (penguapan thinnernya)
Cat jenis precat ini tersedia dalam bentuk precat sealer atau precat top coat yang dapat digunakan untuk menghasilkan lapisan film yang clear (tanpa warna), kering dan kuat. Cat precat ini tersedia juga dalam bentuk warna yang dikenal sebagai base coat atau enamel, untuk membentuk finishing dengan warna-warna solid (duco). Precat sealer dan top coat ini biasanya digunakan bersama-sama dengan solvent base stain atau glaze untuk menghasilkan finishing dengan warna dengan berbagai warna dan efek seperti halnya NC finish, acid curing atau PU
Cat jenis precat ini dulu pernah banyak digunakan, tetapi saat ini relatif jarang  digunakan. Kemajuan teknologi dalam industri finishing telah membuat proses penanganan cat 2 komponen telah dapat dilakukan dengan mudah. Sebagai cat yang kering dengan reaksi kimia, maka lapisan coating yang dihasilkan oleh precat coating akan memiliki ketahanan terhadap goresan dan solvent yang lebih baik dibandingkan dengan cat satu komponen lainnya seperti NC atau waterbased namun masih lebih rendah dibandingkan dengan cat 2 komponen seperti PU atau melamin. Cat ini juga akan menghasilkan lapisan film yang lebih tipis dibandingkan dengan cat acid curing (melamic), sehingga bisa menghasilkan penampilan yang lebih jernih dan alami. Lapisan cat ini juga memiliki waktu pengeringan yang lebih cepat dibandingkan dengan cat acid curing, karena itu dia relatif tidak terlalu sensitif tehadap debu seperti halnya cat acid curing.
Cat jenis precat ini juga menghasilkan emisi gas formaldehid yang berbau menyengat seperti halnya cat acid curing. Cat ini memiliki solid content yang relatif rendah dibandingkan dengan cat jenis acid curing. Sehingga cat ini tidak terlalu cocok untuk menghasilkan lapisan film yang tebal, karena akan memerlukan aplikasi dengan banyak lapisan finishing. Cat ini dibuat dengan mencampur harderner dan coating dalam 1 campuran sehingga cat ini akan cenderung menjadi lebih cepat rusak dan menjadi expired dibandingkan dengan cat jenis acid curing 2 komponen.