Cari artikel

Rabu, 02 Juli 2014

Cat NC (nitrocellulose coating)

Cat nc ini dibuat dengan bahan utama resin nitrocellulose. Resin nitrocellose adalah resin yang dibuat dari cellulose (serat tanaman) yang dimasak dan diproses (diasamkan)  dengan asam nitrat dan asam sulfat. Nitrocellulose resin ini bersifat keras dan brittle (sangat mudah retak), karena itu untuk membentuk cat nc (nitrocellulose lacquer) perlu ditambahkan beberapa bahan lain seperti : plasticizer, hard resin dan beberapa bahan aditif lainnya. Campuran resin dan aditif ini kemudian dilarutkan dalam suatu thinner supaya dapat diaplikasikan dan menghasilkan lapisan finishing yang halus. 
Cat nitrocellulose, nc atau lacquer merupakan salah satu cat yang sangat popular pada industri furniture finishing. Cat jenis ini dengan cepat dipakai untuk menggantikan proses finishing dengan bahan finishing tradisional seperti shellac, oil atau varnish. Cat NC dengan aplikasi spray bisa menghasilkan semua warna yang dibuat dengan shellac dengan waktu yang jauh lebih cepat dan kontrol yagn lebih baik. 
Cat nc ini memiliki beberapa kelebihan antara lain: dapat kering dengan cepat, mudah ditangani dan menghasilkan penampilan yang sangat bagus. Berbagai macam warna dan penampilan finishing dapat dihasilkan dengan proses yang lebih cepat, mudah dan dengan kualitas hasil yang sangat baik. Cat nc ini juga bisa digunakan dengan dikombinasikan dengan jenis cat yang lain seperti PU, melamine, UV coating, shellac, waterbased paint atau bahkan cat tembok atau untuk menghasilkan warna finishing yang diinginkan. Karena penggunaannya yang sangat luas, maka cat nc ini memiliki range warna yang sangat luas. Hampir semua warna dapat dihasilkan dengan bahan ini. Cat ini juga banyak dikembangkan dengan berbagai macam efek khusus seperti efek crackle (pecah seribu), veiling lacquer (efek seperti rumah laba-laba), efek finishing kotor, antik, dll. Sebagian besar glaze dan stain dibuat untuk digunakan bersama-sama dengan cat NC, karena itu maka hampir semua penampilan dan warna finishing untuk furniture dapat dibuat dengan cat jenis ini.

  Kelebihan cat jenis nitrocellulose                                                           
  •   Mudah ditangani:
Cat nitrocellulose ini merupakan cat satu komponen yang akan kering dengan penguapan thinnernya tanpa diikuti dengan reaksi kimia. Lapisan film yang kering akan dapat dilarutkan kembali dengan mudah, karena itu cat jenis ini dapat dilapisi lagi dengan bahan yang sama secara berkali-kali dengan mudah.  Bahan ini merupakan bahan satu komponen yang dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama, tanpa memiliki pot life seperti halnya bahan 2 komponen.  Hal ini membuat cat ini sangat mudah ditangani dan digunakan. Apabila terjadi kesalahan pada proses finishing, maka lapisan finishing yang sudah kering dan keras dapat segera dilarutkan lagi dengan thinner. Revisi terhadap lapisan finishing dapat dengan mudah dikerjakan karena lapisan diatasnya dapat saling melarutkan dengan lapisan dibawahnya dan menyatu kembali dengan sempurna.
Cat ini juga dapat kering dengan mudah dan cepat pada suhu kamar sehingga tidak diperlukan oven khusus. Sifatnya yang cepat kering ini juga membuat cat  ini relative tidak terlalu sensitif terhadap debu atau kotoran pada saat aplikasinya. Cat ini dapat diaplikasikan pada ruangan finishing yang tidak terlalu steril seperti halnya cat PU atau melamine.
  • Penampilan finishing yang sangat indah .
Cat nitrocellulose ini akan menghasilkan lapisan film yang sangat jernih, tipis dan nampak alami. Lapisan film dari cat nc pada permukaan kayu atau veneer akan selalu turun mengikuti pori dan serat dan menjadi lapisan film yang tipis setelah kering. Lapisan film yang dihasilkan juga akan sangat jernih, tanpa adanya lapisan kabut atau bayang pada penggunaan cat lainnya. Karenanya cat nitrocellulose ini dapat menampilkan keindahan alami dari serat-serat kayu secara maksimal. Lapisan film dari cat nc akan menghasilkan penampilan yang paling jernih dengan clarity yang paling baik dibandingkan dengan cat jenis-jenis yang lain. Cat NC ini merupakan bahan yang paling banyak cocok untuk produk mebel high end yang lebih mengutamakan penampilan dan keindahan.
  • Relatif aman dan ramah lingkungan
Cat jenis nc ini akan kering dengan penguapan thinnernya saja dan tidak memerlukan reaksi kimia dan penggunaan katalis untuk pengeringannya. Pengeringannya relatif cepat, pelepasan seluruh solventnya hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja. Begitu kering maka lapisan filmnya sudah sangat aman karena sudah tidak mengeluarkan emisi gas lagi. Karena itu maka cat ini merupakan salah satu cat yang sangat ramah terhadap lingkungan. Bahan utama dari cat nc ini adalah cellulose yang merupakan produk dari serat tanaman yang aman bagi lingkungan. Memang di dalam campuran cat ini masih perlu dicampurkan beberapa aditif dan solvent tertentu yang bisa jadi merupakan bahan polutan bagi manusia tetapi dengan adanya batasan-batasan yang semakin ketat maka sekarang aditif dan solvent yang dipakai sudah semakin banyak menggunakan bahan-bahan yang aman baik untuk kesehatan maupun untuk lingkungan.
Kelemahan dari cat nitrocellulose
  • Kekuatannya yang relatif rendah.
Cat ini memiliki ketahanan yang relatif rendah baik terhadap goresan, panas ataupun bahan kimia. Lapisan cat ini biarpun sudah kering akan dapat dengan mudah rusak atau larut apabila terkena solvent. Lapisan cat ini juga tidak tahan terhadap panas tinggi atau goresan. Cat ini tidak cocok digunakan pada proses finishing untuk produk-produk yang menginginkan lapisan finishing dengan kekuatan yang tinggi. Lapisan finishing dari cat nc ini juga tidak tahan terhadap panas dan cuaca luar ruangan.
  • Lapisan filmnya akan menguning setelah waktu tertentu
Lapisan film yang dihasilkan cat nc ini mempunyai ketahanan yang rendah terhadap sinar ultra violet, karena itu lapisan filmnya akan menguning setelah beberapa waktu tertentu. Untuk warna-warna yang tua atau coklat maka yellowing ini tidak begitu kelihatan, tetapi untuk wana-warna muda atau warna putih maka proses yellowing ini akan mengakibatkan perubahan warna pada finishing yang akan mengganggu pada hasil finishing warna. Untuk finishing dengan warna muda atau putih maka sebaiknya digunakan bahan finishing jenis non yellowing lacquer (acrylic atau butyrate).
  • Mudah terbakar.
Cat ini harus disimpan dan ditangani dengan hati-hati. Cat ini sangat mudah terbakar. Dengan sedikit percikan api saja maka cat ini akan dapat menimbulkan kebakaran yang besar. Apalagi cat ini membutuhkan thinner dari solvent-solvent yang juga mudah terbakar. Karena itu maka cat ini harus disimpan dengan hati-hati. Gudang tempat penyimpanan cat dan thinner harus dibuat dengan standard keamanan yang tinggi. Segala penyebab api seperti rokok, korek api atau percikan api listrik harus dihindarkan untuk mengurangi resiko terjadinya kebakaran.