Cari artikel

Rabu, 16 Juli 2014

Ultra violet cured coating (uv coating)

Sesuai dengan namanya cat ini membutuhkan sinar UV sebagai salah satu syarat untuk penggunaannya. Cat ini membutuhkan sinar ultra violer dengan intensitas yang cukup untuk bisa kering dan keras. Proses pengeringan dari cat ini terjadi dengan adanya reaksi kimia yang dipicu oleh energi dari sinar ultra violet dengan intensitas tertentu.Tanpa adanya sinar uv dengan intensitas yang cukup, maka cat ini tidak pernah bisa kering.
Ada dua jenis resin yang biasa digunakan sebagai resin utama untuk membuat cat ini, yaitu: resin polyester (dari jenis oil free polyester) atau (unsaturated) acrylic yang dicampur dengan beberapa resin dan bahan aditif untuk menghasilkan cat UV. Ke dalam campuran resin ditambahkan bahan pemacu reaksi yang disebut dengan photo initiator. Photo inisiator yang dipakai adalah benzoin untuk polyester dan acetophenones untuk acrylic. Photo iniotiator ini apabila terkena radiasi sinar ultra violet dengan intensitas yang cukup, maka dia akan membangkitkan radikal bebas yang akan memicu terjadinya reaksi polimerisasi yang akan menghasilkan lapisan coating yang kering dan keras. Selama bahan ini tidak terkena sinar uv dengan intensitas yang cukup, maka bahan akan tetap berbentuk cairan pasta yang tidak akan kering, tetapi begitu terkena sinar uv dengan intensitas yang cukup, maka bahan ini akan kering dalam waktu beberapa menit saja. 
Begitu kering, maka lapisan finishing yang dihasilkan sangat keras dan kuat, tahan terhadap goresan, solvent dan bahan kimia. Cat ini banyak digunakan untuk finishing pada wood flooring yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan yang tinggi. UV coating ini sekarang banyak juga digunakan untuk bahan finishing pada produk furniture yang memiliki permukaan yang datar dan rata. 
 UV coating atau ultra violet cured coating merupakan salah satu bahan coating modern yang banyak digunakan saat ini. Bahan finishing ini merupakan salah satu  jawaban untuk keinginan dari masyarakat untuk dapat menghasilkan suatu produk cat yang lebih ramah lingkungan. UV coating merupakan bahan finishing yang dapat diaplikasikan dengan kandungan solid content yang sangat tinggi sampai sekitar 98%. Hal ini selain dapat menghemat biaya finishing juga merupakan salah satu wujud dari bahan yang ramah lingkungan. Dengan penggunaan thinner yang minimal, maka bahan ini tidak akan mencemari udara dengan emisi gas dari penguapan solven.
Kelemahan utama dari bahan finishing ini adalah kebutuhan alat untuk aplikasi berupa roller coating machine dan oven lampu uv yang relatif mahal. Namun dengan penghematan yang dihasilkannya, maka uv coating ini merupakan salah satu bahan finishing yang sangat menguntungkan selama volume produksi dan bentuk produk masih bisa diakomodasi oleh bahan ini. Banyak modifikasi telah dilakukan untuk menghasilkan mesin dan alat untuk aplikasi bahan ini sehingga bisa digunakan untuk vareasi produk dan model finishing yang lebih banyak.Cat UV ini sudah banyak digunakan pada industri woodworking modern di negara-negara maju. Dengan pengaturan yang tepat dan penggunaan mesin-mesin yang bekerja secara otomatis, maka penggunaan tenaga manusia dapat banyak dikurangi.

Keuntungan dari uv coating:
  • Lapisan film yang dihasilkan sangat kuat dan keras
Lapisan film dari cat ini dihasilkan dari reaksi crosslinking yang bersifat sangat kuat, lebih kuat dibandingkan dengan cat jenis acid curing atau cat jenis pu. Karena itu cat ini banyak dipakai untuk aplikasi finishing pada flooring parquet, panel atau top table yang membutuhkan perlindungan dan kekuatan maksimum. Cat ini mempunyai solid content yang sangat tinggi karena itu bisa menghasilkan lapisan film yang tebal dengan lebih cepat dan aman.
  • Proses pengeringan yang sangat cepat.
Dengan bantuan sinar ultra violet cat ini akan dapat kering dalam waktu beberapa menit saja. Dengan menggunakan suatu rangkaian alat berupa roll atau spray gun otomatis dan diikuti dengan oven lampu uv, maka lapisan finishing sudah bisa kering dan langsung di packing begitu keluar dari lampu uv. Hal ini akan membuat proses finishing dapat dilakukan dengan sangat cepat tanpa harus menunggu lama untuk drying time.
  • Biaya finishing yang relatif murah dibandingkan dengan cat lain.
UV coating ini dapat dibuat dengan solid content yang tinggi sampai sekitar 98%, karena itu hampir tidak ada penggunaan thinner pada proses aplikasinya. Sedangkan thinner hanyalah bahan pembawa yang akan terbuang seluruhnya pada saat lapisan finishing kering. Pada cat uv maka hampir seluruh material cat yang dipakai akan tertinggal dan membentuk lapisan finishing di permukaan produk. Jadi meskipun harga cat ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan cat jenis yang lain, tetapi untuk lapisan film dengan ketebalan yang sama maka akan dibutuhkan cat yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan cat yang lain. Hal ini membuat biaya finishing akhir yang lebih murah dibandingkan dengan cat jenis yang lain.
Cat ini diaplikasikan dengan menggunakan roller yang mempunyai transfer effisiensi yang sangat tinggi. Hampir seluruh bahan finishing akan menempel di permukaan tanpa ada yang terbuang ke udara sebagai dust spray seperti halnya aplikasi dengan spray.
  • Relatif aman dan ramah lingkungan
Bahan finishing ini tidak membutuhkan thinner, sedangkan thinner yang menguap ke udara merupakan salah satu sumber pencemaran bagi udara. UV coating ini bisa dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan waterbased coating yang masih melepaskan solvent meskipun dalam jumlah yang kecil ke udara. Bahan ini juga tidak membutuhkan energi yang besar untuk proses pengeringannya seperti halnya waterbased coating yang juga dianggap sebagai proses yang tidak ramah lingkungan.
UV coating juga relatif aman dan mudah dalam penyimpanan dan penanganan. Bahan ini juga memiliki pot life yang sangat lama, dia tidak akan kering selama tidak terkena sinar uv dengan intensitas yang cukup. Hal ini membuat penyimpanan bahan ini lebih aman dan  mudah dilakukan.

Kekurangan dari cat UV
  • Membutuhkan rangkaian mesin roller dan lampu ultra violet yang mahal.
Cat jenis ini hanya akan kering apabila mendapat sinar ultra violet dengan intensitas yang cukup, karena itu dia membutuhkan rangkaian alat dengan oven lampu ultra violet yang harganya mahal. Biasanya cat ini diaplikasikan dengan satu rangkaian alat yaitu alat untuk aplikasi cat berupa roller atau alat spray otomatis, kemudian diikuti dengan oven lampu uv untuk pengeringannya. Rangkaian alat ini untuk aplikasi uv coating merupakan suatu alat yang relatif mahal.
  • Pemakaiannya terbatas pada bidang yang datar.
Cat ini membutuhkan lampu uv untuk pengeringannya, sedangkan sinar uv merupakan sinar yang berbahaya bagi kesehatan, karena itu oven lampu uv harus dibuat dalam ruangan yang tertutup. Karena itu sampai sekarang cat ini hanya bisa diaplikasikan dalam suatu rangkaian alat yang hanya terbatas untuk proses finishing pada benda-benda berbentuk panel yang datar. Meskpun banyak pengembangan telah dilakukan utuk membuat dan mengakomodasi kebutuhan finishing untuk berbagai macam warna dan model dan produk-produk dengan berbagai macam model, namun tetap saja produk ini tidak cocok untuk bentuk-bentuk yang tidak datar. Secara teoritis bahan ini bisa saja diencerkan dan diaplikasikan dengan cara spray, tetapi dengan demikian maka ongkos finishing menjadi tidak murah lagi karena penggunaan thinner dan adanya material yang terbuang sebagai dust spray di udara.