Cari artikel

Sabtu, 04 Mei 2013

Jepara kota pusat ukir dan mebel di Indonesia

Jepara adalah satu kota kecil yang terletak sekitar 100 km arah utara Semarang, Jawa Tengah. Meskipun hanya merupakan sebuah kota kecil tetapi kota Jepara merupakan satu tempat yang sangat terkenal di kalangan pelaku bisnis mebel. Kota ini sampai saat ini merupakan salah satu kota pusat ukir kayu dan juga pusat industri mebel di Indonesia. Produk-produk ukiran dan mebel mebel dari Jepara telah dikirim dan dipasarkan ke seluruh dunia. 

antique round table
Industri kayu merupakan industri penggerak roda ekonomi utama di kota. Sebagian besar orang Jepara berprofesi sebagai tukang ukir dan tukang kayu. Orang-orang Jepara memiliki keahlian menangani kayu sebagai tukang ukir dan tukang kayu secara turun-temurun dari generasi pendahulunya. Pada saat ini meskipun teknik-teknik pembuatan mebel telah berkembang dengan penggunaan teknologi wooodorking yang modern, tetapi orang-orang Jepara masih tetap eksis sebagai ahli-ahli mebel dan kayu. 

kabinet ukir Jepara
Apabila kita melewati jalan-jalan dikota Jepara, maka di sepanjang jalan kita bisa menemukan show room dan toko-toko yang memajang produk-produknya. Produk-produk tersebut merupakan produk mebel jadi yang siap dipilih, dibeli dan dibawa apabila harganya cocok. Para pengusaha meel di sini juga siap membuat produk-produk dengan design dan model sesuai dengan pesanan apabila diperlukan. Apabila kita masuk ke dalam maka kita akan dapat menemui para pengrajin mebel yang siap mengerjakan produk-produk mebel dengan harga yang lebih murah. Namun apabila anda memiliki order mebel dengan jumlah yang banyak maka anda bisa datang ke perusahaan-perusahaan mebel yang ada. Melakukan bisnis dengan perusahaan mebel membuat anda tidak perlu direpotkan dengan masalah kualitas, jadwal atau hal-hal lain yang sering ribet apabila berhubungan langsung dengan pengrajin.
 
kursi antique white

Mebel-mebel dari Jepara memiliki sentuhan yang berbeda dengan produk-produk mebel dari tempat lain. Sebagian besar mebel dari Jepara adalah produk-produk mebel dibuat dengan sentuhan tangan yang memiliki nilai seni yang lebih. Mebel-mebel dengan ukiran merupakan salah satu produk mebel yang merupakan ciri khas daerah ini. Namun dengan perkembangan ketrampilan dan teknologi yang mereka kuasai, maka sebenarnya hampir semua model mebel dapat dibuat di sini. Perkembangan industri mebel kayu di sini telah juga menarik industri pendukung untuk pembuatan mebel untuk berkembang di sini. Kayu dari berbagai jenis, veneer mdf, triplek, particle board sebagai bahan baku pembuatan mebel, mesin kayu, hardware, bahan finishing dan bahan pendukung untuk proses pembuatan mebel tersedia dengan cukup lengkap


 
wood sculpture