Cari artikel

Jumat, 29 Maret 2013

Seni kerajinan batu Merapi di Muntilan


Muntilan adalah sebuah kota kecil di Jawa Tengah, tepatnya di antara Magelang dan Yogyakarta.  Kota ini merupakan daerah yang ramai karena berada di jalur utama jalan dari Magelang  dan Yogyakarta.  Sebagai kota kecil yang diapit oleh 2 kota yang cukup besar, maka Muntilan menjadi sangat strategis, karena merupakan jalur lalu lintas  utama yang menghubungkan kota Yogyakarta dengan Jawa Tengah di bagian utara. Berada di dekat dengan daerah wisata, maka di daerah ini berkembang industri yang menyediakan produk-produk pendukung wisata. Beberapa makanan khas tersedia di daerah ini, antara lain: salak pondoh, wajik, tape ketan, slondok, gethuk magelang dan makanan lain bisa dibeli sebagai oleh-oleh bagi para pelancong yang berkunjung ke Borobudur, Gunung Merapi dan daerah-daerah wisata lain di sekitar Yogyakarta. 
Salah satu produk khas dari kota ini adalah produk-produk kerajinan dari batu. Di kota ini terdapat banyak pengusaha seni ukir batu yang memajang produk-produknya di sepanjang jalan utama di kota ini. Berbagai produk kerajinan dari batu mulai dari patung dengan berbagai bentuk dan ukuran, sampai ke berbagai benda penghias taman atau seperti air mancur, hiasan pagar dapat ditemukan di sini. Di sini dapat juga ditemukan produk alat-alat rumah tangga seperti: meja, tempat duduk dari batu juga alat-alat dapur khas dari batu seperti: cowek, lumpang, munthu, dll.  Para pengusaha seni ukir batu ini juga siap mengerjakan pesanan produk-produk dengan bentuk khusus, seperti patung binatang, atau hiasan dinding atau taman dengan bentuk dan ukuran yang khusus. Banyak contoh benda kerajinan yang bisa dilihat, dan apabila cocok bisa juga langsung dibeli.



hiasan taman
Orang-orang di daerah ini menguasai keahlian mematung dan memahat batu sejak ratusan tahun lalu secara turun temurun. Bangunan candi Borobudur yang dibuat di abad delapan dan sampai sekarang masih megah berdiri merupakan salah satu bukti dari puncak keahlian seni memahat batu penduduk di sini yang sangat fenomenal. Pada saat ini para ahli ukir batu tersebut masih melestarikan  kemampuannya dalam memahat batu dengan menghasilkan berbagai macam produk kerajinan dan seni yang sangat khas dan menarik. Produk-produk ukiran mereka sangat halus dan detail yang menunjukkan keahlian tingkat tinggi yang hanya dimiliki oleh para master ukir batu.
patung batu
Keahlian dari penduduk ini juga sangat didukung oleh sumber daya alam yang tersedia dengan sangat melimpah. Berlokasi di aliran lahar gunung Merapi yang merupakan gunung api yang paling aktif di dunia, maka batu-batu gunung selalu tersedia dan seolah tidak pernah habis di daerah ini. Erupsi Gunung Merapi yang merupakan bencana yang sangat menakutkan, ternyata juga merupakan berkah yang sangat besar bagi penduduk di sekitarnya. Salah satunya adalah batu gunung yang dihasilkan dari gunung Merapi ini  merupakan bahan yang sangat bagus untuk menghasilkan produk-produk seni dan kerajinan batu yang bernilai sangat tinggi.

lumpang dan cowek batu
Apabila anda sedang di perjalanan dari Semarang mau ke Yogyakarta atau sebaliknya dan melewati kota Muntilan, maka sediakan waktu untuk berisitrahat sebentar di kota ini dan mampir untuk melihat-lihat produk-produk seni ukir batu di show room-show room di pinggir jalan. Anda mungkin bisa membeli produk-produk hiasan sebagai pengisi taman, pagar atau rumah. Anda juga bisa membeli beberapa barang kecil untuk souvenier dari sekedar hiasan sampai barang untuk keperluan rumah tangga seperti cowek, lumpang atau munthu. Semua dibuat dari batu gunung Merapi yang tidak akan dapat dijumpai di tempat lain.