Cari artikel

Jumat, 29 Maret 2013

Batik kayu di Yogyakarta.

Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang cukup dikenal di dunia sebagai kota wisata dan budaya. Meskipun tidak sepopuler Bali sebagai kota tujuan wisata, tetapi kota Yogyakarta ini memiliki keunikan tersendiri sebagai kota budaya dengan pesona  yang tidak kalah menarik. Kota Yogyakarta memiliki situs peninggalan sejarah masa lalu seperti candi Prambanan, Candi Borobudur, dan wisata-wisata alam seperti Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis yang menantang dan eksotis. Selain itu Yogyakarta merupakan juga pusat budaya dan seni yang membuatnya berbeda dengan daerah lain. Batik, gamelan, wayang dan kraton merupakan salah satu budaya Jawa yang bersumber dari kota ini. Biaya hidup di kota ini yang relatif murah membuat kota ini menjadi semakin menarik bagi orang yang suka berpetualang.  
Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kota ini telah juga memacu pertumbuhan industri kerajinan di kota ini. Ada banyak pusat-pusat kerajinan di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Masarakat Yogyakarta yang memiliki tradisi seni yang kuat dengan sumber-sumber alam yang relatif melimpah dan pasar yanga tersedia daerah ini membuat industri kerajinan sangat cocok untuk berkembang di daerah ini. Industri pariwisata yang cukup maju juga ikut mendorong industri handicraft menjadi semakin berkembang karena saling mendukung dan melengkapi satu dengan yang lain. Industri kerajinan ini merupakan pemasok produk-produk kerajinan yang dibutuhkan di industri pariwisata, sebaliknya industri pariwisata merupakan pasar yang ideal bagi produk-produk handicraft yang merupakan barang-barang yang kecil dan murah. 

kerajinan batik kayu

kerajinan batik kayu
Salah satu sentra kerajinan di kota ini adalah kerajinan batik kayu yang belokasi di desa Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Terletak di daerah pegunungan di sebelah tenggara kota Yogyakarta dengan jarak sekitar 30 km dari pusat kota, daerah ini merupakan pusat pengrajin produk batik kayu. Ada macam-macam produk handicraft tersedia disini, dari barang-barang seni untuk pengisi rumah seperti hiasan dinding, dan barang perabot rumah tangga seperti seperti tempat tissue, piring, kotak perhiasan, kipas, dan produk-produk furniture bisa diperoleh  disini
.
meja rias batik kayu
 meja rias batik kayu

Salah satu keunikan dari produk-produk di daerah ini adalah penggunaan motif batik sebagai finishing. Batik yang merupakan salah satu finishing untuk kain, ternyata bisa juga diterapkan pada kayu atau bambu dengan penampilan yang sangat unik dan menarik. Proses pembatikan pada kayu ini dilakukan dengan cara yang mirip dengan proses pembatikan pada kain. Proses pewarnaan dilakukan dengan pencelupan dan penggodokan yang membuat finishing yang dihasilkan mempunyai kekuatan adhesi yang tinggi dengan penampilan yang khas dan menarik. Untuk produk-produk dengan ukuran yang besar, maka proses painting dilakukan dengan menggunakan kuas dan bahan finishing khusus.

handicraft batik kayu
 handicraft batik kayu

Motif-motif batik klasik seperti motif batik pada kain untuk pakaian, banyak digunakan untuk mewarnai berbagai macam produk kayu dari handicraft, patung sampai ke produk-produk furniture. Apabila anda datang dan berkunjung ke kota Yogyakarta, maka produk-produk kerajinan batik berupa souvenier atau barang kecil akan dapat anda temukan di pusat-pusat belanja wisata seperti di Malioboro, Pasar Beringharjo, Pasar Ngasem, Alun-alun dan tempat-tempat wisata lainnya. Tetapi apabila anda menginginkan untuk melihat produk yang lebih banyak dan lengkap maka anda bisa datang dan berkunjung ke sentra industri ini yang berlokasi di  : Desa Krebet, Sindangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta


dresser batiktempat tisue batik kayu
 handicraft batik

 Disana anda akan bukan saja dapat menemukan produk-produk kerajinan yang siap untuk dibeli dan dibawa, tetapi juga dapat memesan produk dengan bentuk dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.