Cari artikel

Jumat, 29 Maret 2013

Kerajinan bambu Cebongan



Tanaman bambu merupakan salah satu kekayaan alam dari negeri Indonesia. Pohon bambu merupakan tanaman yang banyak tumbuh dan ditemukan di Indonesia. Iklim tropis dengan banyak hujan dan tanah yang subur merupakan salah satu unsur alam yang mendukung  pertumbuhan bambu di Indonesia.

Secara turun temurun masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan bambu untuk berbagai keperluan. Pada jaman dulu bambu banyak digunakan untuk membuat alat-alat dan perabotan rumah tangga, mebel, pagar, kerangka, dinding dan lantai rumah. Pada saat sekarang penggunaan bambu untuk  bangunan rumah mungkin sudah tidak banyak ditemukan seiring dengan ditemukannya bahan-bahan lain yang lebih kuat.
Namun demikian bukan berarti bambu sudah tidak berguna lagi. Bambu saat ini masih merupakan bahan yang istimewa dan dapat digunakan untuk membuat produk-produk spesial yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satu pemanfaatan bambu saaat ini adalah untuk membuat furniture, bangunan dan berbagai macam produk kerajinan. Karena bambu tersedia di hampir semua daerah di Indonesia, maka di setiap daerah di Indonesia mungkin terdapat para pengrajin bambu yang membuat produk-produk dari bambu dengan keunikannya masing-masing.

gazebo bamboo


Salah satu sentra industri kerajinan bambu di Indonesia yang cukup besar adalah sentra industri mebel dan kerajinan bamboo di  daerah Sendari, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Di sini terdapat beberapa pengrajin yang khusus membuat barang-barang dari bambu. Ada banyak jenis produk dari bambu yang bisa dibikin dan dipesan disini. Mulai dari produk-produk mebel, handycraft atau alat-alat rumah tangga seperti tempat nasi, sendok sayur, topi bambu,sampai ke  berbagai macam souvenier tersedia di sini. Produk-produk lainnya seperti pagar, rumah atau gazebo juga dapat dibuat dan dipesan dengan kualitas terjamin dan harga yang masuk akal. 

meja bambu


Selain melayani pasar domestik, para pengrajin di daerah ini juga melayani permintaan produk untuk export ke berbagai negara. Sebagai exportir, maka para pengrajin bambu di daerah ini sudah siap dan terbiasa dengan tuntutan kualitas yang diminta dari para pembelinya. Syarat-syarat pokok yang biasanya diperlukan oleh para pelaku bisnis dari luar negeri seperti: kadar air, konsistensi produk, keawetan produk dan jadwal pengiriman yang tepat tidak merupakan masalah bagi para pengrajin di sini.

bambu suvenir
Bagi anda yang tertarik untuk membeli atau memesan produk dari bambu atau malah ingin melakukan bisnis produk-produk dari bambu maka silakan datang dan berkunjung ke sentra industri kerajinan bambu di  desa Sendari, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.  Di sana anda akan menemukan berbagai macam produk-produk dari bambu dengan berbagai macam bentuk dan model yang siap dipesan atau dibeli.
 
lincak bambu